Home » » CONTOH RUANG LINGKUP MATERI BIMBINGAN DAN FASILITASI TIK SMA

CONTOH RUANG LINGKUP MATERI BIMBINGAN DAN FASILITASI TIK SMA


RUANG LINGKUP MATERI BIMBINGAN DAN FASILITASI TIK
SMA NEGERI
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


A. RUANG LINGKUP MATERI BIMBINGAN TIK
· Penggunaan computer sebagai media belajar
· mencari data dan informasi,
· mengolah data dan informasi,
· menyiapkan data dan informasi
· mendistribusikan data dan informasi
· menyajikan data dan informasi, (Komunikasi)
· menginformasikan data dan informasi

· memanfaatkan data dan informasi
· etikapemanfaatanteknologiinformasi
· dampaksosialpemanfaatanteknologiinformasi

B.   RUANG LINGKUP MATERI FASILITASI TIK SESAMA GURU
    B1.     Literasi TIK

1. Pengenalan penggunaan komputer sebagai media pembelajaran.
Sebagai langkah awal untuk pengembangan kemampuan guru dalam penggunaan komputer sebagai salah satu media pembelajaran, seluruh guru harus menguasai penggunaan komputer dan aplikasi dasar berupa :
a. Menyalakan dan mematikan komputer
b. Memanfaatkan media penyimpanan seperti CD dan Flashdisk
c. Menggunakan LCD Projector
d. Menggunakan Aplikasi pengolah kata
e. Menggunakan Aplikasi pengolah angka
f. Menggunakan Aplikasi pembuat presentasi

2. Pengenalan Intranet dan Internet
a. Menghubungkan ke jaringan sekolah/ Intranet
b. Menghubungkan ke jaringan internet melalui ISP atau hotspot area.
c. Menggunakanan aplikasi web browser
d. Menggunakan mesin pencarian
e. Menggunakan Email
f. Menggunakan Blog

3. Pengenalan Hak atas kekayaan intelektual
a. Menyebutkan macam-macam hak dan kewajiban dalam penggunaan atas data dan informasi
b. Menyebutkan jenis-enis hak atas kekayaan intelektual berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
c. Menjelaskan dampak pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
d. Menjelaskan kriminalitas dalam teknologi informasi dan komunikasi

    B.2. Pendalaman Pengetahuan

1. Penggunaan website sekolah
a. Mengunggah materi ajar
b. Mengisi komentar forum diskusi sekolah
c. Mengisi artikel, berita dan pengumuman
d. Mengunggah nilai siswa
2. Penggunaan system informasi sekolah
a. Sistem Aplikasi Dapodik
b. Sistem Aplikasi Padamu Negeri
c. Penggunaan aplikasi e-learning
d. Pengenalan dasar aplikasi Learning Management System
e. Memasukan materi ajar berupa word, presentasi atau animasi
f. Membuat aktivitas siswa berupa forum diskusi dan chatting interaktif
g. Memasukan materi soal menggunakan fasilitas moodle, untuk diujikan kepada siswas ecara online.
h. Memonitoring aktifitas siswa
i. Mengevaluasi hasil latihan online/ ujian online

     B.3. Kreasi Pengetahuan

1. Pembuatan Bahan Ajar berupa Story Board.
Rencana tertulis untuk pembuatan bahan ajar berbasis TIK. Dalam tahap ini dideskripsikan apa yang akan ditulis dalam setiap slide ke dalam format yang telah disediakan berupa story board.
2. Pembuatan Bahan Ajar berbentuk Media Presentasi
a. Pengenalan dasar aplikasi media presentasi
1) PengenalanTool/Menu Bar
2) Memasukantekspadasetiapslide
3) Menambahkanbackgroundpadasetiapslide
4) MenambahkanLinkkeslide lain danfile lain
5) Menambahkan skema dasar animasi pada setiap teks
6) Menambahkan slide transisi diantara slide, dll.
b. Implementasi rancangan storyboard kedalam bentuk point per-slide/ halaman
a. Melengkapi materi ajar dalambentuk power point dengan gambar, audio, video
b. Explorasi data pendukung bahan ajar dari internet
1) Menggunakan mesin pencarian
2) Unduh artikel
3) Unduh gambar
4) Memindahkan data hasil unduh ke media presentasi
3. Pembuatan Bahan Ajar berbentuk animasi
a. Pengenalan dasar aplikasi animasi
1) Pengenalan dasar menu dan toolbox
2) Konsep objek animasi berupa symbol, movie clip, dan button
b. Pembuatan animasi sederhana
1) Konsep animasi  berupa motion, shape, guide dan masking
2) Membuat gambar dan teks sederhana
3) Membuat menu-menu link ke halaman tertentu
c. Melengkapi animasi dengan gambar, audio, dan video



0 komentar:

Post a Comment

Cari Artikel