Pada topik ini, Bapak dan Ibu akan mengenal contoh-contoh butir Asesmen Literasi Membaca teks fiksi dan juga teks informasi tingkat SMA.
Kompetensi yang diukur: Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
1. Mengapa penulis menganggap bahwa lilin kecil itu sangat berarti?
| A | Sinar lilin itu tidak banyak |
| B | Lilin itu membawa harapan |
| C | Kehadiran lilin itu dapat meruntuhkan cemara |
| D | Langkah lilin itu laksana embusan angin |
| E | Lilin itu dapat menerangi dalam kegelapan |
Kompetensi yang diukur: Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
2. Kalimat atau baris-baris di dalam puisi dapat meninggalkan pengalaman indrawi bagi pembacanya. Pengalaman indrawi ini disebut dengan imaji. Tentukan imaji yang ditimbulkan melalui baris-baris puisi berikut ini!
| Kalimat | Penglihatan | Perasaan | Pendengaran | |||||||
| Menepis lara, mendamaikan hati dan menyejukkan cinta | ||||||||||
| Sepasang telingaku pun tak mampu mendengar bisikmu | ||||||||||
| Dengan mata, tapi tak kuasa melihatmu |


0 komentar:
Post a Comment