Pada topik ini, Bapak dan Ibu akan mengenal contoh-contoh butir Asesmen Literasi Membaca teks fiksi dan juga teks informasi tingkat SMA.

Kompetensi yang diukur:
Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur,
ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
5. Kamu ingin membuang sampah di rumah dengan
memisahkan sampah menjadi dua kelompok: kelompok sampah B3 dan kelompok
sampah yang tidak mengandung B3. Kelompokkanlah sampah berikut sesuai
dengan jenis limbahnya!
| Sampah | Mengandung B3 | Tidak Mengandung B3 |
| A. Daun pembungkus lontong | ||
| B. Sabun pembersih lantai | ||
| C. Obat nyamuk | ||
| D. Potongan sayuran | ||
| E. Kardus mie goreng | ||
| F. Detergen |
Kompetensi yang diukur: Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta).
6. Apakah dapat dikatakan bahwa subsidi listrik dari tahun 2011 hingga 2018 mengutamakan rumah tangga yang berasal dari kelas menengah ke bawah?
Jawaban: Tidak karena persentase golongan penerima subsidi yang ditampilkan pada grafik hanya menunjukkan persentase pada tahun 2018, bukan keseluruhan periode 2011-2018.


0 komentar:
Post a Comment