Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
Dalam
Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di
lingkungan sekolah dilakukan melalui Survei lingkungan belajar
Salah
satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam
pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu Mengukur
hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai
pancasila
Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional
adalah Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen
Nasional pada siswa sampel
Pernyataan yang tepat mengenai ragam
butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu Soal
asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan
uraian
Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup Teks informasi dan teks fiksi
Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
Asesmen
Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan
termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang
menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum? Soal bersifat
relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
Manakah dalam
pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi
Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional? Menekankan pada
penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
Dari
yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat
disimpulkan bahwa Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di
berbagai aspek pembelajaran
Dilakukan pada berapa levelkah asesmen literasi pada jenjang SMA/MA/SMK? 2 level pembelajaran
Guru
Ina mengajarkan mengenai memahami dan menggunakan sifat-sifat peluang
kejadian, hal ini termasuk dalam konten numerasi yaitu Data dan
ketidakpastian
Guru Wahyu memberikan sebuah teks sastra kepada
siswanya. Setelah itu Guru Wahyu meminta siswanya menjelaskan ide pokok
dan ide pendukung pada bacaan tersebut, hal ini merupakan salah satu
bagian dari kemampuan kognitif literasi yaitu Memahami informasi
Dijenjang SMA/MA/SMK, asesmen numerasi pada dilakukan pada 1 level pembelajaran
Manakah
diantara materi berikut yang diujikan pada Asesmen Kompetensi Minimum
Numerasi pada tingkat SMA/SMK/MA? Memahami barisan aritmatika dan
geometri
Pada asesmen literasi SMA/SMK/MA, manakah kegiatan yang
termasuk dalam konten menemukan informasi ? Mengidentifikasi kata kunci
yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks
sastra atau teks informasi
Pernyataan yang tepat mengenai
Asesmen Kompetensi Minimum di tingkat SMA/SMK/MA adalah Soal yang
diberikan berjumlah 36 soal literasi
Manakah diantara kegiatan
berikut ini yang menunjukkan hubungan antara numerasi dengan mata
pelajaran PJOK tingkat SMA/SMK/MA? Memperkirakan berapa kalori yang
dibakar untuk kegiatan fisik tertentu
Asesmen literasi pada
jenjang SMA/SMK/MA terdiri atas 2 level pembelajaran. Manakah pernyataan
yang tepat mengenai level pembelajaran dan isi konten pembelajaran?
Pada level pembelajaran 2 siswa akan siswa akan mengakses dan mencari
informasi, memahami teks secara literal dan menyusun inferensi, membuat
koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak. Menilai format
penyajian dalam teks dan merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang
terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara
pandang penulis.
Bagaimana peran Asesmen Kompetensi Minimum pada
jenjang SMA/SMK/MA dapat mempengaruhi kelulusan siswa? Asesmen
Kompetensi Minimum mendorong perbaikan mutu pembelajaran, namun
kelulusan siswa akan diukur melalui ujian sekolah
Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan.
Berikut
adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan
pembelajaran berbasis kompetensi: Belajar untuk cakupan materi yang
harus dikuasai, Berorientasi pada nilai akhir, Menjawab serangkaian
pertanyaan topik berdasarkan teks (3,5,6)
Dari hasil AKM
ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki
dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan
dalam kelompok CAKAP
Guru Cleo memberikan soal teks dan
ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada
bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam
kelompok MAHIR
Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi
Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan? Asesmen Kompetensi
Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap
kelas
Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif
yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru
yaitu Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar
teks maupun pengalamannya
Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi
Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi
pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?
Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
Dalam
asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep
matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang
diberikan akan mendorong siswa untuk Mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari
Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh
sekolah terkait hasil AKM? Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran
sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa
Bagaimana
keterkaitan antara pelaksanaan AKM dan tantangan pembelajaran berbasis
kompetensi yang dihadapi guru? Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi
Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi
siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
Asesmen Pasca program Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMA
0 komentar:
Post a Comment