Home » , , » Soal Quiz GURU Belajar AKM 30 Soal

Soal Quiz GURU Belajar AKM 30 Soal

 


  1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
  2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui Survei lingkungan belajar
  3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
  4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
  5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian
  6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup Teks informasi dan teks fiksi
  7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
  8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum? Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
  9. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional? Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
  10. Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
  11. Dilakukan pada berapa levelkah asesmen literasi pada jenjang SMA/MA/SMK? 2 level pembelajaran
  12. Guru Ina mengajarkan mengenai memahami dan menggunakan sifat-sifat peluang kejadian, hal ini termasuk dalam konten numerasi yaitu Data dan ketidakpastian
  13. Guru Wahyu memberikan sebuah teks sastra kepada siswanya. Setelah itu Guru Wahyu meminta siswanya menjelaskan ide pokok dan ide pendukung pada bacaan tersebut, hal ini merupakan salah satu bagian dari kemampuan kognitif literasi yaitu Memahami informasi
  14. Dijenjang SMA/MA/SMK, asesmen numerasi pada dilakukan pada 1 level pembelajaran
  15. Manakah diantara materi berikut yang diujikan pada Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi pada tingkat SMA/SMK/MA? Memahami barisan aritmatika dan geometri
  16. Pada asesmen literasi SMA/SMK/MA, manakah kegiatan yang termasuk dalam konten menemukan informasi ? Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi
  17. Pernyataan yang tepat mengenai Asesmen Kompetensi Minimum di tingkat SMA/SMK/MA adalah Soal yang diberikan berjumlah 36 soal literasi
  18. Manakah diantara kegiatan berikut ini yang menunjukkan hubungan antara numerasi dengan mata pelajaran PJOK tingkat SMA/SMK/MA? Memperkirakan berapa kalori yang dibakar untuk kegiatan fisik tertentu
  19. Asesmen literasi pada jenjang SMA/SMK/MA terdiri atas 2 level pembelajaran. Manakah pernyataan yang tepat mengenai level pembelajaran dan isi konten pembelajaran? Pada level pembelajaran 2 siswa akan siswa akan mengakses dan mencari informasi, memahami teks secara literal dan menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak. Menilai format penyajian dalam teks dan merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis.
  20. Bagaimana peran Asesmen Kompetensi Minimum pada jenjang SMA/SMK/MA dapat mempengaruhi kelulusan siswa? Asesmen Kompetensi Minimum mendorong perbaikan mutu pembelajaran, namun kelulusan siswa akan diukur melalui ujian sekolah
  21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan.
  22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi: Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai, Berorientasi pada nilai akhir, Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks (3,5,6)
  23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok CAKAP
  24. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok MAHIR
  25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan? Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
  26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya
  27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain? Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
  28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong  siswa untuk Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
  29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM? Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa
  30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM  dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru? Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
Asesmen Pasca program Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMA

0 komentar:

Post a Comment

Cari Artikel