Home » , , » Contoh Laporan Akhir Kegiatan Praktik Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah

Contoh Laporan Akhir Kegiatan Praktik Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah

Contoh Laporan

 LAPORAN PENGEMBANGAN SEKOLAH BERDASARKAN 8 SNP

 Disusun sebagai Laporan Akhir Kegiatan Praktik Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah

Jawa Timur Kab. Pasuruan

Pada tanggal: 28 Nopember s/d 26 Desember2019


 

 

 


Nama                  :

Unit Kerja           :

NIP                      :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM PENGUATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH

DINAS PENDIDIKAN JAWA TIMUR KAB. PASURUAN

2019

 

 

 

PENGESAHAN

 

 

 

LAPORAN PENGEMBANGAN SEKOLAH BERDASARKAN 8 SNP

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI DISCOVERY LEARNING MELALUI KKG MINI DI SDN TAWANGREJO I

 

 




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Di susun Oleh

 

 

Nama                 

NIP                    

Unit Kerja          :  

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                 Pasurauan 26 – 12 - 220

Ka.Disdik/Kabid/Kasie                                               Kepala Sekolah

 

 

 

 

            HASBLLAH, S.Pd                                                  SUPARINI, M.Pd

NIP.                                                                             NIP.

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur Alhamdulillah Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.

Laporan Pengembangan Sekolah  ini disusun dalam rangka memenuhi Tugas Renacana Pengembangan Sekolah yang merupakan rangkaian Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kompetensi KepalaSekolah (PPPKKS).

Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelenggaraan kegiatanini antara lain

1.      Pemerintah DaerahKabupaten Pasuruan dan Dinas Pendidkan kabupaten Pasuruan

2.      Lembaga Pengembangan dan PemberdayaanKepalaSekolah (LPPKS).

3.      Lembaga Penkaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur

4.      Bapak Anang Prasetya, M.Pd. dan Ibu Dra. Tri Hariayati, M.Pd. yang telah memberi materi dan membimbing sehingga kami dapat menyusun laporan ini

5.      Seluruh KS sebagai perserta diklat penguatan kepala sekolah dan kelompok 8 yang bekerja sama dengan baik dan sempurna

Dimungkinkan  masih  terdapat sejumlah kekuarangan, semoga saja laporan Pengembangan Sekolah ini mendapatkan perhatian dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak yang berkompeten.

 

                                                                                   Pasuruan, 28 November  2019

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

                                                                                                            Halaman

Halaman Judul   .....................................................................................

i

Halaman Pengesahan   ..........................................................................

ii

Kata Pengantar   ....................................................................................

iii

Daftar Isi   .............................................................................................

iv

Daftar Tabel   ........................................................................................

v

Daftar Grafik   .......................................................................................

vi

Daftar Lampiran   ..................................................................................

vii

 

 

BAB I          PENDAHULUAN

 

                    A.  Latar Belakang   .............................................................

1

                    B.  Tujuan   ..........................................................................

 

                    C.  Hasil yang Diharapkan   ................................................

                    D.  SumberDaya…………………………………………..

 

 

BAB II         KONDISI SEKOLAH SAAT INI TERKAIT 8 SNP

 

                 A.  ProfilSekolah…......................................................

 

1.     Visi, Misi dan Tujuan…………………………….

 

B.  Capaian 8 StandarNasional Pendidikan (SNP)............

 

1.     StandarKompetensiLulusan ……………………..

 

2.     Standar Isi…….……………………………………

 

3.     StandarProses..……………………………………

 

4.     StandarPenilaianPendidik………………...………

 

5.     StandarPendidik dan Tenaga Kependidikan.………

 

6.     StandarSarana dan Prasarana Pendidikan………….

 

7.     StandarPengelolaanPendidikan..………………….

 

8.     StandarPembiayaan.……………………………….

 

 

 

BAB III       PELAKSANAAN PENGEMBANGAN SEKOALH

 

 1.  Persiapan   ..................................................................

 

2.     Pelaksanaan….............................................................

 

3.     Monitoring dan Evaluasi.............................................

 

4.     Refleksi… .................................................................

 

 (bisamenggunakanmantra perubahanyang lain)

 

BAB IV   PENUTUP

 

A.    Simpulan…….....................................................................

 

B.     Saran   ................................................................................

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 1.1 ………………………………………………….

 

Tabel 1.2 ………………………………………………….

 

 

DAFTAR GRAFIK

 

Halaman

Grafik 3.1 ……………………………………………………………..

 

Grafik 3.2 ……………………………………………………………..

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Halaman

Lampiran 1 ……………………………………………………………..

 

Lampiran 2 ……………………………………………………………..

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang

Menurut Permendikbud No 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan dinyatakan bahwa prosedur penilaian proses belajar dan hasil belajar oleh pendidik dilakukan dengan menetapkan tujuan penilaian yang mengacu pada mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan 10 hasil penilaian

Strategi pembelajaran adalah suatu metode dalam sebuah pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan proses pembelajaran. Berhasil dan tidaknya pembelajaran juga tergantung strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar adalah strategi discovery learning karena dengan strategi discovery learning yang meningkatkan partisipasi aktif pembelajar dalam proses pembelajaran, menumbuhkan rasa ingin tahu pembelajar, memungkinkan perkembangan keterampilan-keterampilan belajar sepanjang hayat dari pembelajar, membuat pengalaman belajar menjadi lebih bersifat personal, membuat pembelajar memiliki motivasi yang tinggi karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan eksperimen dan menemukan sesuatu untuk diri mereka sendiri, membangun pengetahuan berdasarkan pada pengetahuan awal yang telah dimiliki oleh pembelajar sehingga mereka dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam, mengembangkan kemandirian dan otonomi pada diri pembelajar, membuat pembelajar bertanggungjawab terhadap kesalahan-kesalahan dan hasil-hasil yang mereka buat selama proses belajar, merupakan cara belajar kebanyakan orang dewasa pada pekerjaan dan situasi kehidupan nyata, merupakan suatu alas an untuk mencatat prosedur-prosedur dan temuan-temuan – seperti mengulang kesalahan-kesalahan, sebagai suatu cara untuk menganalisis apa yang telah terjadi, dan suatu cara untuk mencatat atau merekam temuan yang luar biasa, mengembangkan keterampilan-keterampilan kreatif dan pemecahan masalah, menemukan hal-hal baru yang menarik yang belum terbayang sebelumnya setelah pengumpulan informasi dan proses belajar yang dilakukan

Berdasarkan supervise kepala sekolah bahwa guru kelas IVA dan IVB pada November 2017 di SD Negeri Tawangrejo I, pada saat pembelajaran sedang berlangsung terlihat pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), peserta didik kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas, guru belum optimal dalam mengembangkan kemampuan peserta didik. Maksudnya yaitu guru belum mengarahkan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik sehingga peserta didik tidak percaya diri dalam mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah secara mandiri, serta penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dalam proses penyampaian materi pelajaran sehingga menyebabkan peserta didik cenderung merasa bosan dan jenuh saat proses pembelajaran.

 B.     Tujuan Pengembangan Sekolah

1. Menjamin agar tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil
2.
Guru mampu meningkatan kompetensi dalam menggunakan strategi discoveri learning melalui kegiatan KKG mini

 

C.     Hasil yang Diharapkan

Meningkatnya kompetensi guru dalam menggunakan strategi dicoery learning melalui KKG mini di SDN Tawangrejo I

 

D.    Sumber Daya

a.       Nara sumber Pengawas SD Kec. pandaan untuk mengampu dalam kegiatan KKG

b.       Pembiayaan

c.       Media pembelajaran berupa Laptop,LCD beserta perlengkapannya Nara sumber TIK untuk mengampu dalam kegiatan KKG

 


BAB II

KONDISI SEKOLAH SAAT INI

 

A.    ProfilSekolah

PROFIL SEKOLAH SDN TAWANGREJO I

1.      Identitas Sekolah

Nama Sekolah                         : SDN Tawangrejo I

Status                                      : Negeri

NPSN                                      : 20518944

Akreditasi                               : B

Gugus Sekolah                        : VIII ( Delapan )

Waktu Penyelenggaraan         : Pagi hari

Alamat                                    : Jl. WR Supratman 44 Gelang Tawangrejo

                                                  Kec. Pandaan, Kab.Pasuruan

 

            DATA GURU DAN PEGAWAI SEKOLAH

No

Tahun Pelajaran

 KS dan

Tenaga Pendidik

Tenaga Kependidikan

PNS

PTT

Sukwan

Jumlah

PNS

PTT

Sukwan

Jumlah

1

2019/2020

1+8

-

8

17

 

 

1

1

Jumlah

9

-

8

17

 

 

1

1

 

            DATA SISWA

No

Kelas

JenisKelamin

L

P

Jumlah

1

I

21

19

40

2

II

23

27

50

3

III

38

28

66

4

IV

35

18

53

5

V

26

38

64

6

VI

28

23

51

Jumlah

171

153

324

 

2.      Visi Sekolah SDN watuagung I adalah :

”Membentuk sekolah berkualitas, berkarakter, berbudaya, dinamis sesuai dengan perkembangan global berlandaskan iman dan taqwa ”.

 

3.      Misi Sekolah

                  Mengacu pada visi sekolah di atas, maka misi yang akan dilaksanakan adalah  sebagai berikut :

a.    Meningkatkan kualitas dan bimbingan setiap siswa agar dapat berkembang sesuai karakteristik masing-masing.

b.    Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan kompetitif

c.     Menyelenggarakan Pendidikan demi terwujudnya nuansa budaya masyarakat berakar pada sistem nilai adat istiadat agama

d.    Menambahkan nilai – nilai sosial budaya melalui pendidikan budi pekerti pada semua bidang studi

e.    Mewujudkan pelayanan pendidikan sesuai dengan standar pelayanan minimun bagi warga masyarakat

f.      Mengimplementasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari di sekolah, rumah, dan di lingkungan masyarakat

 

4.       Tujuan Sekolah

Sejalan dengan Tujuan Pendidikan Dasar dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 yaitu meletakkan dasar kecerdasan , pengetahuan , kepribadian, akhlak mulia , serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut, maka tujuan yang ingin dicapai oleh SDN TAWANGREJO I adalah sebagai berikut :

1.       Membekali siswa ilmu pengetahuan dan ilmu Agama agar mempunyai keimanan yang kuat dan dapat berkompetisi dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2.       Menyiapkan generasi yang tangguh baik aqidah maupun keilmuan serta berjiwa kebangsaan.

3.       Menyiapkan siswa yang memilikiKepribadian dan budi pekerti akhlaqul Karimah siap menghadapi tantangan di masa depan

4.       Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan pendekatan PAIKEM secara optimal.Berkompetisi dengan lembaga lain dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga.

 

B.     Capaian 8 standar Nasional Pendidikan ( SNP )

1.      Pencapaian Standar Isi

Dalam pelaksanaan kurikulum di SDN Tawangrejo I secara umum kurikulum sekolah disusun dan dikembangkan oleh sekolah berdasar-kan petunjuk dan acuan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hal senada juga di SDN Tawangrejo I bahwa sesuai dengan pengembangan mutu sekolah dan berdasarkan konsep manajemen ber-basis sekolah, maka SDN Tawangrejo I menyusun dan mengembangkan sendiri kurikulum sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan meskipun harus mengacu pada standar nasional yang ditetapkan BSNP. Artinya pelaksanaan kurikulum yang dilakukan oleh SD Negeri dan SD Swasta yang menjadi objek penelitian menyatakan bahwa mereka sama-sama menyusun dan mengembang-kan kurikulum sesuai kebutuhan sekolah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan

 

2.      Pencapaian Standar Proses

Secara umum guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun pada setiap mata pelajaran. RPP disusun untuk setiap pertemuan pembelajaran, walaupun untuk pertemuan berikutnya terkadang sudah disusun juga pada saat ada waktu yang lebih banyak dan memungkinkan. RPP disusun berdasarkan rencana tatap muka, setiap pertemuan dipisah dan memiliki lembaran tersendiri karena disahkan dan ditandatangani oleh kepala sekolah. RPP yang disusun menurut keterangan yang diperoleh harus berdasarkan pada sistematika dan prinsip-prinsip yang dikembangkan oleh BSNP. RPP yang disusun digunakan untuk pelaksanaan proses pembelajaran di kelas dan dilakukan sesuai dengan BSNP baik muatan yang dimasukkan maupun sistematika yang dianjurkan.

 

3.      Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan

Siswa melalui proses pembelajaran yang kontekstual dan berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi akan memperoleh pengalaman belajar untuk menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.

 

4.      Pencapaian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Guru yang mengajar di sekolah ini sudah memiliki kualifikasi akademik minimum sesuai dengan Undang-undang Guru dan Dosen yakni secara umum sudah memiliki Akta Mengajar IV dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) oleh karena itu guru secara umum sudah berpendidikan S1,” Sementara bidang studi PAI dan Penjaskes diajar oleh guru bidang studi yang relevan sudah memiliki guru yang relevan yakni guru yang tamatan PGA melanjutkan pendidikan ke strata 1 (S-1) Pendidikan Agama Islam, atau yang penjaskes juga ada guru yang dari S-1 Penjaskes Ikip Budi utomo. Hal yang sama juga semua guru sesuai dengan kualifikasi dan klasifikasi keilmuannya. Sehingga dalam penerapan kompetensi pedagogiknya sesuai dengan prinsip prinsip pembelajaran, demikian juga dengan kompetensi keperibadian dan profesionalnya. Jabatan kepala sekolah yang diemban oleh kepala sekolah sama-sama berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik, dan memiliki SK sebagai kepala sekolah secara jelas dan sah. Sebagai tenaga pendidik yang telah menerima sertifikat pendidik profesional tentu sudah memiliki kualifikasi pendidikan minimal S-2 dengan memiliki Akta Mengajar IV, serta telah memiliki pengalaman mengajar setidaknya 32 tahun.

 

5.      Pencapaian Standar Sarana dan Prasarana

Berkenaan dengan lahan sekolah di SDN Tawangrejo I sama-sama sudah memiliki lahan yang cukup dan mampu menampung jumlah siswa baik saat baris berbaris, senam, maupun upacara bendera. Artinya sekolah memiliki lahan yang memenuhi
ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio
jumlah siswa. Keadaan di sekitar sekolah berdasarkan hasil observasi peneliti tidak terdapat adanya gejala pencemaran yang berbahaya, artinya lahan sekolah berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan kebisingan.

Fasilitas penunjang pembelajaran yang memadai seperti media, alat peraga, laboratorium, perpustakaan dan alat-alat olah raga. Sedangkan di SDN Tawangrejo I sebagai sekolah negeri yang dimodali sepenuhnya oleh pemerintah tidak memiliki kelengkapan media dan sarana pembelajaran seperti alat peraga atau media pengajaran. juga memiliki instalasi listrik dengan daya minimum 1300 watt.

 

6.      Pencapaian Standar Pengelolaan

Sekolah sudah memiliki kesadaran untuk memahami visi-misi yang dirumuskan oleh sekolah yang melibatkan unsur guru dan komite dengan maksud agar dapat secara bersama-sama melaksanakannya Adapun visi-misi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemajuan sekolah dan memberikan arah bagi kebijakan sekolah oleh kepala sekolah.  

 

7.      Pencapaian Standar Pembiayaan

Sekolah setiap awal tahun anggaran menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) hal ini berkenaan dengan kegiatan dan anggaran yang terutama dari dana BOS. RKAS yang didokumentasikan oleh sekolah memuat semua anggaran yang bersumber dari seluruh sumber keuangan sekolah, seperti dari BOS, komite sekolah, investasi lain yang ikut berpartisipasi dalam pengembangan sekolah. Semua unsur dilibatkan secara bersama-sama dalam melaksanakan program kerja sekolah, termasuk diantaranya dalam hal penysusunan anggaran (RKAS) dan pelaporan penggunaan anggaran, sehingga arah dan tujuan pendanaan sekolah sangat jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

8.      Pencapaian Standar Penilaian

Sekolah melakukan segala bentuk persiapan dalam pelaksanaan penilaian, diantaranya membuat kepanitiaan kerja, menyiapkan kisi-kisi soal, menyiapkan soal dan melaksanakan tes, dilanjutkan dengan kegiatan koreksi dan analisis. Rancangan kisi-kisi dan soal didokumentasikan secara jelas dan rapi oleh tim kerja. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah bagi guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran, baik harian, mingguan, bulanan maupun semester. Hasil pelaksanaan evaluasi tersebut dilakukan analisis dan tindak lanjut sesuai dengan hasil yang diperoleh, bisa berupa pengayaan bagi siswa yang sudah dianggap mampu, dan bisa perbaikan atau remedial bagi siswa yang dianggap masih kurang dalam mencapai hasil belajar dengan ketetapan KKM.

 

 

BAB III

PELAKSANAAN PENGEMBANGAN SEKOLAH

 

1.       Persiapan
- Sosialisasi Rencana Kegiatan
- Pembentukan Panitia pelaksanaan KKG
- Penyusunan Proposal Kegiatan
- Pengadaan LCD, Latop, Layar, Kabel data, sound sistem
- Persiapan administrasi kegiatan
- Buat undangan

 

2.      Pelaksanaan
Kegiatan KKG di SD
Negeri tawangrejo I dalam rangka upaya meningkatkan komampuan guru memilih bahan ajar yang relevan .
Hari, tanggal Sabtu - Senin, tanggal 3 , 5 dan 6
Nopember 2019.
Waktu, jam 13:00-15:00 WIB

 

3.      Monitoring dan Evaluasi
Adapun tujuan utama dari kegiatan monitoring dan evaluasi adalah untuk:
1.  mengetahui tingkat keterlaksanaan program;
2.  mengetahui keberhasilan program;
3.  bahan masukan dalam perencanaan pembinaan sekolah tahun berikutnya.
4.   melakukan pembinaan bagi sekolah agar pada tahun berikutnya diperoleh hasil yang lebih baik/meningkat secara signifikan
5.  mengidentifikasi dan menjustifikasi item-item program yang belum dapat terlaksana secara optimal.

 

4.      Refleksi

Kondisi ideal yang diharapkan setelah kegiatan KKG:

- Guru mampu menggunakan metode discovery learning sebagai media dalam pembelajaran sehingga prestasi siswa meningkat

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

A.    Simpulan

Kompetensi Guru dalam dalam penggunaan TIK sebagai media pembelajaran di SDN Tawangrejo I  merupakan pedoman bagi kepala sekolah dalam mengawasi pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Progam Rencana Pengembangan Sekolah melalui KKG di SD Negeri  Tawangrejo I   disusun selaras dengan visi, misi dan tujuan pendidikan di sekolah. Program yang disusun diarahkan pada layanan professional kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut,sekolah perlu meningkatkan mutu pelayanan pendidikan melalui penggunaan metode discovery learning sebagai peningkatan pembelajaran.

 

B.     Saran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN KETERLAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

 

Nama Kegiatan               : KKG mini SDN Tawangrejo I

Tempat Kegiatan            : Ruang Kelas VI SDN Tawangrejo I

Hari tanggal                     :……………………………………

 

 

No

Uraian kegiatan (Komponen)

Keterlaksanaan

Keterangan

Ya

Tidak

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

Jumlah Nilai

 

 

 

 

Catatan :

 

Skor 0: jika jawaban tidak

Skor1 : jika jawaban ya

Amat baik

86 – 100

Baik

71 – 85

Cukup

55 – 70

Kurang

00 – 54

 

                                                                                   

 

………………………….……201…

       Peserta

 

                                                                                                                                                                                                                                     (……………………………………..)

INSTRUMEN PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH PEMENUHAN

8 STANDAR NASIOANAL PENDIDIKAN (SNP)

 

Nama kegiatan                     : KKG Mini

Nama nara sumber              : Drs. Mujib

Nama peserta                       : Silvy Suhla, S.Pd

Hari/tanggal kegiatan          :……………………………….

 

No

Uraian kegiatan

Skor

Ket.

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

Jumlahskor

 

 

 

 

 

Jumlahnilai

 

 

 

 

 

           

            Catatan :

                                    Skor 1  : tidaklengkap

                                    Skor2  :cukuplengkap

                                    Skor3  :sebagianbesarlengkap

                                    Skor4  :lengkap

 

Amatbaik

86 – 100

Baik

71 – 85

Cukup

55 – 70

Kurang

00 – 54

                                                                                   

 

……… ………………….……2019

 

 

                                                                                                                                                                                                                          (……………………………………..)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH PEMENUHAN

8 STANDAR NASIOANAL PENDIDIKAN (SNP)

 

Nama kegiatan                     : KKG Mini

Nama nara sumber              : Drs. Mujib

Nama peserta                       : Tri Asrih Hastuti, S.Pd

Hari/tanggal kegiatan          :……………………………….

 

No

Uraian kegiatan

Skor

Ket.

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

Jumlahskor

 

 

 

 

 

Jumlahnilai

 

 

 

 

 

           

            Catatan :

                                    Skor 1  : tidaklengkap

                                    Skor2  :cukuplengkap

                                    Skor3  :sebagianbesarlengkap

                                    Skor4  :lengkap

 

Amatbaik

86 – 100

Baik

71 – 85

Cukup

55 – 70

Kurang

00 – 54

                                                                                   

 

……… ………………….……2019

 

 

                                                                                                                                                                                                                          (……………………………………..)

 

0 komentar:

Post a Comment

Cari Artikel