LAPORAN PENGEMBANGAN SEKOLAH BERDASARKAN 8 SNP
Disusun sebagai Laporan Akhir Kegiatan Praktik Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah
Jawa Timur Kab. Pasuruan
Pada tanggal: 28 Nopember s/d 26 Desember2019
Nama :
Unit Kerja :
NIP :
PROGRAM PENGUATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
DINAS PENDIDIKAN JAWA TIMUR KAB. PASURUAN
2019
PENGESAHAN
LAPORAN PENGEMBANGAN SEKOLAH BERDASARKAN 8 SNP
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN STRATEGI DISCOVERY LEARNING MELALUI KKG MINI DI SDN TAWANGREJO I
Di susun Oleh
Nama :
NIP :
Unit Kerja :
Mengetahui Pasurauan… 26 – 12 - 220
Ka.Disdik/Kabid/Kasie Kepala Sekolah
HASBLLAH, S.Pd SUPARINI, M.Pd
NIP. NIP.
KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
Laporan Pengembangan Sekolah ini disusun dalam rangka memenuhi Tugas Renacana Pengembangan Sekolah yang merupakan rangkaian Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kompetensi KepalaSekolah (PPPKKS).
Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelenggaraan kegiatanini antara lain
1. Pemerintah DaerahKabupaten Pasuruan dan Dinas Pendidkan kabupaten Pasuruan
2. Lembaga Pengembangan dan PemberdayaanKepalaSekolah (LPPKS).
3. Lembaga Penkaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur
4. Bapak Anang Prasetya, M.Pd. dan Ibu Dra. Tri Hariayati, M.Pd. yang telah memberi materi dan membimbing sehingga kami dapat menyusun laporan ini
5. Seluruh KS sebagai perserta diklat penguatan kepala sekolah dan kelompok 8 yang bekerja sama dengan baik dan sempurna
Dimungkinkan masih terdapat sejumlah kekuarangan, semoga saja laporan Pengembangan Sekolah ini mendapatkan perhatian dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak yang berkompeten.
Pasuruan, 28 November 2019
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ..................................................................................... |
i |
Halaman Pengesahan .......................................................................... |
ii |
Kata Pengantar .................................................................................... |
iii |
Daftar Isi ............................................................................................. |
iv |
Daftar Tabel ........................................................................................ |
v |
Daftar Grafik ....................................................................................... |
vi |
Daftar Lampiran .................................................................................. |
vii |
|
|
BAB I PENDAHULUAN |
|
A. Latar Belakang ............................................................. |
1 |
B. Tujuan .......................................................................... |
|
C. Hasil yang Diharapkan ................................................ D. SumberDaya…………………………………………..
|
|
BAB II KONDISI SEKOLAH SAAT INI TERKAIT 8 SNP |
|
A. ProfilSekolah…...................................................... |
|
1. Visi, Misi dan Tujuan……………………………. |
|
B. Capaian 8 StandarNasional Pendidikan (SNP)............ |
|
1. StandarKompetensiLulusan …………………….. |
|
2. Standar Isi…….…………………………………… |
|
3. StandarProses..…………………………………… |
|
4. StandarPenilaianPendidik………………...……… |
|
5. StandarPendidik dan Tenaga Kependidikan.……… |
|
6. StandarSarana dan Prasarana Pendidikan…………. |
|
7. StandarPengelolaanPendidikan..…………………. |
|
8. StandarPembiayaan.……………………………….
|
|
BAB III PELAKSANAAN PENGEMBANGAN SEKOALH |
|
1. Persiapan .................................................................. |
|
2. Pelaksanaan…............................................................. |
|
3. Monitoring dan Evaluasi............................................. |
|
4. Refleksi… ................................................................. |
|
(bisamenggunakanmantra perubahanyang lain) |
|
BAB IV PENUTUP |
|
A. Simpulan……..................................................................... |
|
B. Saran ................................................................................ |
|
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1.1 …………………………………………………. |
|
Tabel 1.2 …………………………………………………. |
|
DAFTAR GRAFIK
Halaman
Grafik 3.1 …………………………………………………………….. |
|
Grafik 3.2 …………………………………………………………….. |
|
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1 …………………………………………………………….. |
|
Lampiran 2 …………………………………………………………….. |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Menurut Permendikbud No 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan dinyatakan bahwa prosedur penilaian proses belajar dan hasil belajar oleh pendidik dilakukan dengan menetapkan tujuan penilaian yang mengacu pada mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan 10 hasil penilaian
Strategi pembelajaran adalah suatu metode dalam sebuah pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan proses pembelajaran. Berhasil dan tidaknya pembelajaran juga tergantung strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar adalah strategi discovery learning karena dengan strategi discovery learning yang meningkatkan partisipasi aktif pembelajar dalam proses pembelajaran, menumbuhkan rasa ingin tahu pembelajar, memungkinkan perkembangan keterampilan-keterampilan belajar sepanjang hayat dari pembelajar, membuat pengalaman belajar menjadi lebih bersifat personal, membuat pembelajar memiliki motivasi yang tinggi karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan eksperimen dan menemukan sesuatu untuk diri mereka sendiri, membangun pengetahuan berdasarkan pada pengetahuan awal yang telah dimiliki oleh pembelajar sehingga mereka dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam, mengembangkan kemandirian dan otonomi pada diri pembelajar, membuat pembelajar bertanggungjawab terhadap kesalahan-kesalahan dan hasil-hasil yang mereka buat selama proses belajar, merupakan cara belajar kebanyakan orang dewasa pada pekerjaan dan situasi kehidupan nyata, merupakan suatu alas an untuk mencatat prosedur-prosedur dan temuan-temuan – seperti mengulang kesalahan-kesalahan, sebagai suatu cara untuk menganalisis apa yang telah terjadi, dan suatu cara untuk mencatat atau merekam temuan yang luar biasa, mengembangkan keterampilan-keterampilan kreatif dan pemecahan masalah, menemukan hal-hal baru yang menarik yang belum terbayang sebelumnya setelah pengumpulan informasi dan proses belajar yang dilakukan
Berdasarkan supervise kepala sekolah bahwa guru kelas IVA dan IVB pada November 2017 di SD Negeri Tawangrejo I, pada saat pembelajaran sedang berlangsung terlihat pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), peserta didik kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas, guru belum optimal dalam mengembangkan kemampuan peserta didik. Maksudnya yaitu guru belum mengarahkan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik sehingga peserta didik tidak percaya diri dalam mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah secara mandiri, serta penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dalam proses penyampaian materi pelajaran sehingga menyebabkan peserta didik cenderung merasa bosan dan jenuh saat proses pembelajaran.
B. Tujuan Pengembangan Sekolah
1.
Menjamin agar tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat
kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil
2. Guru mampu meningkatan kompetensi dalam menggunakan strategi discoveri learning melalui kegiatan KKG mini
C. Hasil yang Diharapkan
Meningkatnya kompetensi guru dalam menggunakan strategi dicoery learning melalui KKG mini di SDN Tawangrejo I
D. Sumber Daya
a. Nara sumber Pengawas SD Kec. pandaan untuk mengampu dalam kegiatan KKG
b. Pembiayaan
c. Media pembelajaran berupa Laptop,LCD beserta perlengkapannya Nara sumber TIK untuk mengampu dalam kegiatan KKG
BAB II
KONDISI SEKOLAH SAAT INI
A. ProfilSekolah
PROFIL SEKOLAH SDN TAWANGREJO I
1. Identitas Sekolah
Nama Sekolah : SDN Tawangrejo I
Status : Negeri
NPSN : 20518944
Akreditasi : B
Gugus Sekolah : VIII ( Delapan )
Waktu Penyelenggaraan : Pagi hari
Alamat : Jl. WR Supratman 44 Gelang Tawangrejo
Kec. Pandaan, Kab.Pasuruan
DATA GURU DAN PEGAWAI SEKOLAH
No |
Tahun Pelajaran |
KS dan Tenaga Pendidik |
Tenaga Kependidikan |
||||||
PNS |
PTT |
Sukwan |
Jumlah |
PNS |
PTT |
Sukwan |
Jumlah |
||
1 |
2019/2020 |
1+8 |
- |
8 |
17 |
|
|
1 |
1 |
Jumlah |
9 |
- |
8 |
17 |
|
|
1 |
1 |
DATA SISWA
No |
Kelas |
JenisKelamin |
||
L |
P |
Jumlah |
||
1 |
I |
21 |
19 |
40 |
2 |
II |
23 |
27 |
50 |
3 |
III |
38 |
28 |
66 |
4 |
IV |
35 |
18 |
53 |
5 |
V |
26 |
38 |
64 |
6 |
VI |
28 |
23 |
51 |
Jumlah |
171 |
153 |
324 |
2. Visi Sekolah SDN watuagung I adalah :
”Membentuk sekolah berkualitas, berkarakter, berbudaya, dinamis sesuai dengan perkembangan global berlandaskan iman dan taqwa ”.
3. Misi Sekolah
Mengacu pada visi sekolah di atas, maka misi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :
a. Meningkatkan kualitas dan bimbingan setiap siswa agar dapat berkembang sesuai karakteristik masing-masing.
b. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan kompetitif
c. Menyelenggarakan Pendidikan demi terwujudnya nuansa budaya masyarakat berakar pada sistem nilai adat istiadat agama
d. Menambahkan nilai – nilai sosial budaya melalui pendidikan budi pekerti pada semua bidang studi
e. Mewujudkan pelayanan pendidikan sesuai dengan standar pelayanan minimun bagi warga masyarakat
f. Mengimplementasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari di sekolah, rumah, dan di lingkungan masyarakat
4. Tujuan Sekolah
Sejalan dengan Tujuan Pendidikan Dasar dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 yaitu meletakkan dasar kecerdasan , pengetahuan , kepribadian, akhlak mulia , serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut, maka tujuan yang ingin dicapai oleh SDN TAWANGREJO I adalah sebagai berikut :
1. Membekali siswa ilmu pengetahuan dan ilmu Agama agar mempunyai keimanan yang kuat dan dapat berkompetisi dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
2. Menyiapkan generasi yang tangguh baik aqidah maupun keilmuan serta berjiwa kebangsaan.
3. Menyiapkan siswa yang memilikiKepribadian dan budi pekerti akhlaqul Karimah siap menghadapi tantangan di masa depan
4. Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan pendekatan PAIKEM secara optimal.Berkompetisi dengan lembaga lain dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga.
B. Capaian 8 standar Nasional Pendidikan ( SNP )
1. Pencapaian Standar Isi
Dalam pelaksanaan kurikulum di SDN Tawangrejo I secara umum kurikulum sekolah disusun dan dikembangkan oleh sekolah berdasar-kan petunjuk dan acuan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hal senada juga di SDN Tawangrejo I bahwa sesuai dengan pengembangan mutu sekolah dan berdasarkan konsep manajemen ber-basis sekolah, maka SDN Tawangrejo I menyusun dan mengembangkan sendiri kurikulum sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan meskipun harus mengacu pada standar nasional yang ditetapkan BSNP. Artinya pelaksanaan kurikulum yang dilakukan oleh SD Negeri dan SD Swasta yang menjadi objek penelitian menyatakan bahwa mereka sama-sama menyusun dan mengembang-kan kurikulum sesuai kebutuhan sekolah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan
2. Pencapaian Standar Proses
Secara umum guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun pada setiap mata pelajaran. RPP disusun untuk setiap pertemuan pembelajaran, walaupun untuk pertemuan berikutnya terkadang sudah disusun juga pada saat ada waktu yang lebih banyak dan memungkinkan. RPP disusun berdasarkan rencana tatap muka, setiap pertemuan dipisah dan memiliki lembaran tersendiri karena disahkan dan ditandatangani oleh kepala sekolah. RPP yang disusun menurut keterangan yang diperoleh harus berdasarkan pada sistematika dan prinsip-prinsip yang dikembangkan oleh BSNP. RPP yang disusun digunakan untuk pelaksanaan proses pembelajaran di kelas dan dilakukan sesuai dengan BSNP baik muatan yang dimasukkan maupun sistematika yang dianjurkan.
3. Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan
Siswa melalui proses pembelajaran yang kontekstual dan berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi akan memperoleh pengalaman belajar untuk menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
4. Pencapaian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Guru yang mengajar di sekolah ini sudah memiliki kualifikasi akademik minimum sesuai dengan Undang-undang Guru dan Dosen yakni secara umum sudah memiliki Akta Mengajar IV dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) oleh karena itu guru secara umum sudah berpendidikan S1,” Sementara bidang studi PAI dan Penjaskes diajar oleh guru bidang studi yang relevan sudah memiliki guru yang relevan yakni guru yang tamatan PGA melanjutkan pendidikan ke strata 1 (S-1) Pendidikan Agama Islam, atau yang penjaskes juga ada guru yang dari S-1 Penjaskes Ikip Budi utomo. Hal yang sama juga semua guru sesuai dengan kualifikasi dan klasifikasi keilmuannya. Sehingga dalam penerapan kompetensi pedagogiknya sesuai dengan prinsip prinsip pembelajaran, demikian juga dengan kompetensi keperibadian dan profesionalnya. Jabatan kepala sekolah yang diemban oleh kepala sekolah sama-sama berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik, dan memiliki SK sebagai kepala sekolah secara jelas dan sah. Sebagai tenaga pendidik yang telah menerima sertifikat pendidik profesional tentu sudah memiliki kualifikasi pendidikan minimal S-2 dengan memiliki Akta Mengajar IV, serta telah memiliki pengalaman mengajar setidaknya 32 tahun.
5. Pencapaian Standar Sarana dan Prasarana
Berkenaan dengan lahan sekolah di SDN
Tawangrejo I sama-sama sudah memiliki lahan yang cukup dan mampu menampung
jumlah siswa baik saat baris berbaris, senam, maupun upacara bendera. Artinya sekolah memiliki lahan yang memenuhi
ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa. Keadaan di sekitar sekolah berdasarkan hasil observasi peneliti tidak terdapat adanya gejala pencemaran yang berbahaya, artinya lahan sekolah berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan kebisingan.
Fasilitas penunjang pembelajaran yang memadai seperti media, alat peraga, laboratorium, perpustakaan dan alat-alat olah raga. Sedangkan di SDN Tawangrejo I sebagai sekolah negeri yang dimodali sepenuhnya oleh pemerintah tidak memiliki kelengkapan media dan sarana pembelajaran seperti alat peraga atau media pengajaran. juga memiliki instalasi listrik dengan daya minimum 1300 watt.
6. Pencapaian Standar Pengelolaan
Sekolah sudah memiliki kesadaran untuk memahami visi-misi yang dirumuskan oleh sekolah yang melibatkan unsur guru dan komite dengan maksud agar dapat secara bersama-sama melaksanakannya Adapun visi-misi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemajuan sekolah dan memberikan arah bagi kebijakan sekolah oleh kepala sekolah.
7. Pencapaian Standar Pembiayaan
Sekolah setiap awal tahun anggaran menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) hal ini berkenaan dengan kegiatan dan anggaran yang terutama dari dana BOS. RKAS yang didokumentasikan oleh sekolah memuat semua anggaran yang bersumber dari seluruh sumber keuangan sekolah, seperti dari BOS, komite sekolah, investasi lain yang ikut berpartisipasi dalam pengembangan sekolah. Semua unsur dilibatkan secara bersama-sama dalam melaksanakan program kerja sekolah, termasuk diantaranya dalam hal penysusunan anggaran (RKAS) dan pelaporan penggunaan anggaran, sehingga arah dan tujuan pendanaan sekolah sangat jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
8. Pencapaian Standar Penilaian
Sekolah melakukan segala bentuk persiapan dalam pelaksanaan penilaian, diantaranya membuat kepanitiaan kerja, menyiapkan kisi-kisi soal, menyiapkan soal dan melaksanakan tes, dilanjutkan dengan kegiatan koreksi dan analisis. Rancangan kisi-kisi dan soal didokumentasikan secara jelas dan rapi oleh tim kerja. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah bagi guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran, baik harian, mingguan, bulanan maupun semester. Hasil pelaksanaan evaluasi tersebut dilakukan analisis dan tindak lanjut sesuai dengan hasil yang diperoleh, bisa berupa pengayaan bagi siswa yang sudah dianggap mampu, dan bisa perbaikan atau remedial bagi siswa yang dianggap masih kurang dalam mencapai hasil belajar dengan ketetapan KKM.
BAB III
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN SEKOLAH
1.
Persiapan
- Sosialisasi Rencana Kegiatan
- Pembentukan Panitia pelaksanaan KKG
- Penyusunan Proposal Kegiatan
- Pengadaan LCD, Latop, Layar, Kabel data, sound sistem
- Persiapan administrasi kegiatan
- Buat undangan
2. Pelaksanaan
Kegiatan KKG di SD Negeri tawangrejo I dalam rangka upaya meningkatkan
komampuan guru memilih bahan ajar yang relevan .
Hari, tanggal Sabtu - Senin, tanggal 3 , 5 dan 6 Nopember 2019.
Waktu, jam 13:00-15:00 WIB
3. Monitoring dan Evaluasi
Adapun tujuan utama dari kegiatan monitoring dan evaluasi adalah untuk:
1. mengetahui tingkat keterlaksanaan program;
2. mengetahui keberhasilan program;
3. bahan masukan dalam perencanaan pembinaan sekolah tahun berikutnya.
4. melakukan pembinaan bagi sekolah agar pada tahun berikutnya
diperoleh hasil yang lebih baik/meningkat secara signifikan
5. mengidentifikasi dan menjustifikasi item-item program yang belum dapat
terlaksana secara optimal.
4. Refleksi
Kondisi ideal yang diharapkan setelah kegiatan KKG:
- Guru mampu menggunakan metode discovery learning sebagai media dalam pembelajaran sehingga prestasi siswa meningkat
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Kompetensi Guru dalam dalam penggunaan TIK sebagai media pembelajaran di SDN Tawangrejo I merupakan pedoman bagi kepala sekolah dalam mengawasi pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Progam Rencana Pengembangan Sekolah melalui KKG di SD Negeri Tawangrejo I disusun selaras dengan visi, misi dan tujuan pendidikan di sekolah. Program yang disusun diarahkan pada layanan professional kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut,sekolah perlu meningkatkan mutu pelayanan pendidikan melalui penggunaan metode discovery learning sebagai peningkatan pembelajaran.
B. Saran
INSTRUMEN KETERLAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN
Nama Kegiatan : KKG mini SDN Tawangrejo I
Tempat Kegiatan : Ruang Kelas VI SDN Tawangrejo I
Hari tanggal :……………………………………
No |
Uraian kegiatan (Komponen) |
Keterlaksanaan |
Keterangan |
|
Ya |
Tidak |
|||
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
|
Jumlah Nilai |
|
|
|
Catatan :
Skor 0: jika jawaban tidak
Skor1 : jika jawaban ya
Amat baik |
86 – 100 |
Baik |
71 – 85 |
Cukup |
55 – 70 |
Kurang |
00 – 54 |
………………………….……201…
Peserta
(……………………………………..)
INSTRUMEN PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH PEMENUHAN
8 STANDAR NASIOANAL PENDIDIKAN (SNP)
Nama kegiatan : KKG Mini
Nama nara sumber : Drs. Mujib
Nama peserta : Silvy Suhla, S.Pd
Hari/tanggal kegiatan :……………………………….
No |
Uraian kegiatan |
Skor |
Ket. |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Jumlahskor |
|
|
|
|
|
|
Jumlahnilai |
|
|
|
|
|
Catatan :
Skor 1 : tidaklengkap
Skor2 :cukuplengkap
Skor3 :sebagianbesarlengkap
Skor4 :lengkap
Amatbaik |
86 – 100 |
Baik |
71 – 85 |
Cukup |
55 – 70 |
Kurang |
00 – 54 |
……… ………………….……2019
(……………………………………..)
INSTRUMEN PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH PEMENUHAN
8 STANDAR NASIOANAL PENDIDIKAN (SNP)
Nama kegiatan : KKG Mini
Nama nara sumber : Drs. Mujib
Nama peserta : Tri Asrih Hastuti, S.Pd
Hari/tanggal kegiatan :……………………………….
No |
Uraian kegiatan |
Skor |
Ket. |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Jumlahskor |
|
|
|
|
|
|
Jumlahnilai |
|
|
|
|
|
Catatan :
Skor 1 : tidaklengkap
Skor2 :cukuplengkap
Skor3 :sebagianbesarlengkap
Skor4 :lengkap
Amatbaik |
86 – 100 |
Baik |
71 – 85 |
Cukup |
55 – 70 |
Kurang |
00 – 54 |
……… ………………….……2019
(……………………………………..)
0 komentar:
Post a Comment