Asesmen Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Bernalar
Relevansi Kompetensi
Transformasi digital mengguncang dunia dan membawa pada revolusi industri ke-4
Definisi Numerasi
Kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu
sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
Level kognitif semakin tinggi, Membuat keputusan yang lebih kompleks.
Konten AKM Numeracy (Bilangan)
Konten AKM Numeracy (Aljabar)
Konten AKM Numeracy (Data dan Ketidakpastian)
Kompetensi yang dicapai setiap domain
Level Kognitif di Numeracy
Understanding
Aspek Keterampilan
Mengingat : Mengingat definisi, sifat bilangan, unit pengukuran, sifat bentuk geometris, notasi
bilangan
Mengidentifikasi : Mengidentifikasi bilangan , ekpresi, kuantitas, dan bentuk. Mengidentifikasi
identitas yang secara matematis setara (seperti: desimal, persentase, pecahan)
Mengklasifikasikan : Mengklasifikasikan bilangan, ekspresi, jumlah, dan bentuk-bentuk yang memiliki
sifat yang serupa
Menghitung : Melakukan prosedur algoritma: penambahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian serta kombinasinya
Melakukan prosedur aljabar yang efektif : Mengambil/ Memperoleh Mengambil/memperoleh informasi dari bagan, tabel, teks, atau sumber-sumber yang lain
Mengukur : Menggunakan instrumen pengukuran dan memilih unit yang tepat
Applying
Aspek Keterampilan
Memilih : menentukan operasi, strategi, dan aturan yang sesuai dan efisien untuk memecahkan masalah dunia nyata yang dapat diselesaikan dengan menggunakan berbagai metode
Menyatakan/ membuat model : menyajikan data dalam tabel atau grafik, merumuskan persamaan,
pertidaksamaan, gambar geometris, atau diagram yang memodelkan suatu masalah, membangun sebuah representasi dari hubungan matematika yang diberikan
Menerapkan/ melaksanakan : Menerapkan/melaksanakan strategi dan operasi untuk
memecahkan masalah dunia nyata yang berkaitan dengan konsep
dan prosedur matematika yang dikenal
Reasoning
Aspek Keterampilan
Menganalisis : menentukan, menggambar, atau menggunakan hubungan dalam bilangan, ekspresi, jumlah, dan bentuk.
Melambangkan : Menghubungkan elemen, pengetahuan yang berbeda,menghubungkan representasi untuk memecahkan masalah.
Mengevaluasi : menilai strategi pemecahan masalah dan solusi alternatif
Menyimpulkan : membuat kesimpulan yang valid berdasarkan informasi dan fakta-fakta
Membuat justifikasi : memberikan argumen matematis untuk mendukung klaim
Contoh Stimulus untuk Beragam Level Kognitif
1. Gerakan 20 menit memadamkan lampu di pulau Jawa Bali akan mampu mengaliri berapa banyak rumah di Timur Indonesia?
2. Saat jam istirahat, 30 siswa kelas 8 SMP Makmur meninggalkan laptop masing-masing dalam kondisi menyala selama 1 jam. Jika listrik yang disia-siakan tersebut digunakan untuk menyalakan
lampu LED di kantin yang berjumlah 6 buah, berapa jamkah kantin dapat menyala dari listrik laptop yang tidak dimatikan tsb?
3. Badu tidak pernah mencabut charger handphonenya, meskipun hanya digunakan untuk mengisi battery hp-nya selama 6 jam dalam sehari semalam. Ibu menegur dan mengatakan bahwa listrik yang terbuang dari kebiasaan buruk Badu dapat untuk menyalakan TV setidaknya 1 jam.
Apakah teguran ibu benar?
Jelaskan alasanmu!
Literasi Membaca
Kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis
teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga
dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
0 komentar:
Post a Comment